Cara Meningkatkan Kemampuan Menulis agar Menjadi Penulis

Banyak orang yang ingin menjadi seorang penulis, tetapi sayangnya dari kebanyakan orang yang ingin menjadi penulis hanya dapat dibicarakan namun hanya sedikit direalisasikan sisanya hilang ditelan angan. Menulis memang bukan pekerjaan mudah, namun juga tidak sulit. Menulis sebagai keterampilan hanya butuh komitmen menulis setiap hari, konsisten dan tidak pernah berhenti.

Secara sadar, cara berpikir kita tetang menulis harus mulai diubah, terutama untuk kalian yang ingin jadi penulis. Menulis tidak lagi hanya sebatas pembelajaran dan bukan lagi teori, tetapi menulis adalah prilaku atau sikap yang konsisten untuk menuangkan ide dan gagasan secara tertulis. Lalu, dipublikasikan dan dibicarakan.

Hal sederhananya menulis sebagai proses. Jangan dulu bertumpu pada tulisan yang bermakna atau bagus, tetapi lebih menekankan pada membangun kebiasaan untuk menuangkan ide dan gagasan secara tertulis. Setidaknya, ada tiga cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan keterampilan atau kemampuan menulis pada diri kita :

  1. Mengubah mindset atau cara pandang menulis yang tidak lagi sekadar pelajaran, melainkan prilaku, perbuatan menulis. Setiap orang harus berani untuk menulis, untuk soal apa pun dan kapan pun. 
  2. Menjadikan menulis sebagai gaya hidup, bukan bertumpu pada minat atau bakat. Hidup kita tidak keren setiap hari jika tidak menulis. Jangan pasrah tidak bisa menulis karena tidak punya minat atau bakat. Menulis sebagai gaya hidup itu mengasyikkan dan menghibur.
  3. Membuat menulis sebagai kultur atau kebiasaan. Terbiasa menulis memang sulit, tetapi bukan berarti tidak bisa. Untuk bisa memiliki kultur atau kebiasaan menulis, kita hanya butuh sikap disiplin dan tanggung jawab untuk menulis.

Memang ada banyak teori tentang menulis, ada banyak kelas pula untuk belajar menulis. Menulis itu sulit, cara pandang yang terus merasuk dan makin melekat di kalangan pembelajar. Sekali lagi, untuk terampil menulis, kita hanya membutuhkan komitmen dan proses untuk menulis. Mulailah sekarang untuk menulis.

Sumber Refrensi :

Syarifudin Yunus. (2015). Kompetensi Menulis Kreatif, Cet. 1 Bogor ; Ghalia Indonesia.