HIJAB MERAH MUDA

(Suatu hari. ketika berada di sebuah taman)

“Assalamualaikum,wah! Sudah pada datang ya” sapa Kayla. “Waalaikumsalam!” jawab Putri dan Aisyah. Mereka sedang berpiknik di pinggir sebuah danau yang dekat dengan taman. “Tumben sekali Kayla kamu telat datangnya,biasanya kamu yang sampai duluan” kata Kasih. “Iya,tumben sekali” balas Aisyah. “hehe,maaf ya aku telat,tadi aku bantu ibu menyapu halaman dulu.” jawab Kayla.

Kayla segera duduk di karpet yang telah disiapkan sebelumnya dan mengeluarkan makanan yang dia bawa. “wah! Hijab kamu hari in lucu banget Aisyah” puji Putri “makasih, aku cari warna yang cocok sama baju aku tapi gak ada, yaudah aku pakai yang ini aja” kata Aisyah “hmm.., emang kalian gak panas ya pake hijab?”tanya Kayla. “ ngga tuh,soalnya kita udah biasa”jawab Putri sambil melihat Aisyah yang ikut mengangguk. “aku jadi penasaran, gimana sih rasanya pake hijab?” tanya Kayla.

“kalau kamu mau tau ,kamu coba pakai aja sehari dulu gak apa apa kok” jawab Putri. “yaudah,nanti aku coba belajar deh pake hijab” kata Kayla. “oh ya,besok aku mau belanja,kalian ikut ya” ajak Aisyah. “beneran nih kita boleh ikut?” tanya Kayla. “iya boleh” jawab Aisyah. “asik!!” seru Putri. “ ok, kalau gitu besok aku jemput kalian ya” kata Aisyah “OK!” jawab Kayla dan Putri. “ yaudah, ayo lanjut lagi ngerjain pr nya” ajak Aisyah “siap bos!!” kata Kayla dan Putri

Keesokan harinya, sepulang sekolah…

“ Kayla, Putri nanti aku jemput kalian ya. Sekarang kita mandi,ganti baju,dan sholat Ashar dulu, Ok!” kata Aisyah.“Ok!!” jawab Kayla dan Putri.

Mereka pun segera mengayuh sepedanya sekencang mungkin.sesampainya dirumah mereka langsung mandi, berganti baju,dan sholat Ashar. Dan menunggu Aisyah di halaman rumah mereka. “ TIN..TIN..!!” (SUARA KLAKSON MOBIL) “ wah itu pasti Aisyah” tebak Kayla, ia pun langsung masuk ke dalam rumahnya dan berpamitan dengan ibunya.

“Assalamualaikum, hai Aisyah” sapa Kayla “ loh Putri udah di jemput duluan toh” kata Kayla dengan terkejut melihat Putri yang sudah duduk di mobil. “iya dong” kata Putri.

“Pak, kita langsung jalan ya pak” kata Aisyah.

Bapak ojek online pun langsung menjalankan mobilnya. “ aduh neng! Maaf jalanannya macet. Neng mau lanjut aja atau mau naik angkutan umum biar gak lama sampainya?” tanya pak supir. “ gak apa apa pak lanjut aja” jawab Aisyah sambil tersenyum. “ ya sudah atuh neng” balas pak supir. Tiba- tiba…. “pak, kita boleh turun dulu gak pak di pom bensin? Saya mau ke toilet pak” tanya Putri. “ oh, iya neng   boleh.

Bapak juga mau ke toilet” jawab pak supir.

Mereka pun berhenti di pom bensin, Putri langsung turun dan segera berlari ke arah toilet wanita. Sementara Aisyah dan Kayla turun dan berjalan ke arah mini market untuk membeli camilan. Setelah semuanya kembali ke dalam mobil, pak supir pun langsung menjalankan mobilnya, namun sayang nya mereka masih terjebak macet. Karena sudah adzan Maghrib mereka pun menepi ke masjid yang ada di pinggir jalan.

“ Neng geulis, ini sudah adzan bapak mau sholat dulu sebentar ya” kata pak supir “ iya pak, kita juga mau sholat” kata Kayla. “ oh,ya sudah bapak duluan ya” pamit pak supir.“ iya pak!”jawab Kayla,Putri,dan Aisyah. “ yaudah, yuk masuk sebentar lagi sudah au mulai nih shlat berjamaah nya!” ajak Aisyah.

Mereka pun segera masuk ke dalam dan mengambil air wudhu. Setelah sholat mereka melihat ada penjual bakso yang sedang berjualan di dekat situ.mereka pun menhampiri tukang bakso tersebut dan memesan 3 mangkuk bakso. Setelah melihat pak supir datang menghampiri mobil, mereka pun segera beranjak ikut menghampiri mobil.

“neng ini sudah malam mau lanjut atau mau saya antar pulang neng?” tanya pak supir. Karena hari yang sudah gelap mereka pun memutuskan untuk kembali pulang kerumah dan mereka berniat pergi belanja pada minggu depan. “ pulang aja deh pak” jawab Aisyah. “ yasudah ayo kita berangkat” ajak pak supir.

Setelah sampai dirumah masing masing, mereka pun bergegas untuk kamar mandi dan membersihkan diri. Karna sudah adzan Isya mereka pun segera sholat isya dan langsung pergi tidur.

Keesokan hari nya, disekolah…

“anak anak minggu depan kita sudah akan menghadapi ulangan akhir semester,jadi ibu minta kalian belajar dngan bersungguh sungguh ya” kata ibu guru. “baik bu guru” jawab siswa siswa yang ada di dalam kelas. “ KRING….KRING….!” ( BEL

ISTIRAHAT) . mendengar bel istirahat, Kayla ,Putri dan Aisyah punsegera berkumpul dikantin.

Di kantin…

“ huh, minggu depan sudah mulai ulangan kita gak bisa belanja deh” keluh Putri. “iya ya” sambung Aisyah sambil menghela napas. “ gimana kalau kita perginya setelah ulangan saja” saran Kayla. “Boleh juga tuh” jawab Aisyah setuju. “ ok! Setelah ulangan kita bakal pergi belanja!!” seru Putri.

Ulangan pun dimulai semua sisiwa fokus untuk belajar beegitupun Aisyah,Kayla, dan Putri. Mereka melaksanakan ulangan selama satu minggu. Selama ulangan suasana kelas yang tadinya ceria seketika sanyap dalam keheningan dan ketegangan…

Ulangan pun selesai, para siswa merasa lega sekaligus pasrah terhadap nilai mereka masing masing, begitu pun dengan Aisyah,Putri,dan Kayla. Namun mereka bertiga tidak terlalu memikirkan nilai mereka karena mereka telah belajar dengan bersungguh sungguh dan mereka juga yakin Allah akan memberikan hasil yang terbaik.

“haahh… akhirnya ulangan nya selesai juga” kata Putri. “eh, Aisyah kamu masih ada janji ngajak kita belanja loh” sindir Kayla. “oh iya,yaudah karena besok kita libur gimana kalo besok aja kita pergi belanjanya” usul Putri. “OK!” kata Aisyah.

Keesokan harinya….di depan mall

“Alhamdulillah,tadi jalannya gak macet ya” kata Aisyah “iya ya, gak kayak minggu lalu” kata Putri. “ udah, ayo cepet kita masuk!” ajak Kayla dengan semangat. Hari ini Kayla benar benar sangat senang karena untuk prtama kalinya dia ingin mencoba memakai hijab. Kayla pun masuk ke salah satu toko dia melihat ada banyak sekali hijab, Putri dan Aisyah dengan segera mengambil hijab berwarna hijau tosca dan biru cerah dan menaruh nya kedalam tas belanja. Berbeda dengan Putri dan Aisyah yang sudah menemukan hijab kesukaa n mereka,Kayla belum menemukan hijab yang dia sukai dan sesuai dengan karakternya. Dia terus mencari hijab yang sesuai dengan dirinya,ia masuk dari satu toko ke toko yang lain,ia mencari dan memilih namun dia tetap tidak menemukannya. Sudah dua belas toko ia masuki dan ini adalah toko ter akhir yang menjual hijab, ia masuk da n dia tiba tiba terdiam,tertegun melihat ke sat u arah yaitu tempat dimana terdapat hij ab merah muda nancantik tergantung. Ia men ghampiri hijab tersebut menyentuh dan me ngambilnya. Ia sangat senang karena setelah ia lelah berlari kesana kemari mencari hija b yang sesuai untuknya akhirnya dia menemukannya. Melihat hal itu Aisyah dan Putri berinisiatif membelikan hijab itu untuk Kayla sebagai hadiah karena dia ingin belajar memakai hijab.

“ Kayla nih hijabnya, yuk pulang!” ajak Putri. “ tunggu dulu,aku belum membayar hijabnya” kata Kayla “ hahahahaha….!!!” seru Aisyah dan Pu tri “kenapa kalian tertawa?” tanya Kayla bingung. “ hijabnya sudah kami bayar jadi hijab ini adalah hadiah dari kami untuk mu” jelas Aisyah. “ beneran?!” tanya Kayla terkejut “ iya lah” jawab Putri sambil terseny um. “ terimakasih ya teman teman” ucap Kay la sambil memeluk Aisyah dan Putri. Mereka pun langsung bergandengan tangan sambil berjalan keluar dari mall. Sejak saat itu Kayla selalu memakai hijab berwarna me rah muda.

 

Karya: Naura Ayu Azizia (Siswi MTsN Kota Depok)