Kemendikbud kembali membagikan kouta internet gratis

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali melanjutkan subsidi internet gratis bagi peserta didik dan pendidik. Penyaluran kuota tersebut akan dimulai pada Maret ini selama 3 bulan ke depan.
Mendikbud Nadiem Makarim pun menjelaskan, bagi mereka yang sudah pernah dapat akan kembali dikirimkan secara otomatis. Namun bagi yang belum, tidak akan mendapatkannya di bulan ini.
Peserta didik maupun guru yang belum menerima kuota baru akan dikirim kuota data internet pada April mendatang. Begitu juga dengan yang sudah dapat, tap mengganti nomor lain.
“Bagi yang nomornya berubah atau belum menerima kuota sebelumnya, mereka hanya akan baru bisa menerima bantuan kuota di bulan April 2021, tidak bisa menerima di bulan Maret ya kalau misalnya nomornya berubah atau belum pernah menerima kuota sebelumnya,” jelas dia dalam Pengumuman Bantuan Kuota Fata Internet tahun 2021 secara daring, Senin (1/3).
Jadi, calon penerima perlu melapor kepada pimpinan satuan pendidikan sebelum bulan April 2021 untuk mendapatkan bantuan kuota. Jadi pastikan untuk mengisi data dan berkoordinasi dengan pimpinan sekolah.
“Yang belum mendapatkan segera laksanakan (daftarkan) dengan pimpinan (sekolah) dan operator. Pimpinan operator di satuan pendidikan ini tinggal mengunggah Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM) untuk nomor yang berubah atau nomor yang baru ya pada halaman website kita,” tutur dia.
Sebagai informasi, besaran kuota yang dikirimkan telah berubah, untuk peserta didik PAUD mendapatkan sebesar 7GB per bulan, peserta didik jenjang dasar dan menengah 10 GB per bulan. Sementara itu, pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah 12GB per bulan, lalu untuk mahasiswa dan dosen 15GB per bulan.
Sumber : https://www.jawapos.com/nasional/pendidikan/01/03/2021/kemendikbud-kembali-bagikan-kuota-internet-gratis-mulai-bulan-ini/