Launching dan Bedah buku “Jangan cuma Ngomong, Menulis dong”

Jakarta, Perpustakaan Nasional 
gelar Launching & bedah buku “jangan cuma ngomong, menulis dong” karya Zaenuddin HM Minggu, 30 Juni 2019
Gedung perpusnas lantai 4 di Jakarta pusat. 
 
Dibantu dengan Campustaka, perusahaan penerbit yang sering menerbitkan buku-buku karya Zaenuddin HM. Selama kurang lebih 3 jam acara tersebut mengupas sisi menulis, cara menulis dan memulai menulis hingga produktif. Yang dipaparkan langsung oleh Zaenuddin HM (Penulis buku), Syarifudin Yunus (Penulis dan Dosen Jurnalistik Unindra) dan juga dipandu moderator Masin Tyasawan (Penggiat Literasi).
 
Mengambil tema dari buku yang dilauchingkan yaitu “jangan cuma ngomong, menulis dong” dibuku ke-38 yang diterbitkan kali ini Zaenuddin MH mengajak orang-orang untuk menulis, jangan cuma ngomong saja. 
 
“Orang yang pintar ngomong tidak pandai menulis, biasa. Orang yang pintar ngomong dan pandai menulis, tidak biasa. Orang pintar ngomong dan orang tidak pintar ngomong tetapi sama-sama pandai menulis, sungguh luar biasa.” ujar Zaenuddin HM
 
“Buku ini provokator, maka setelah mengikuti acara ini dan membaca buku ini kalau kita tidak menulis rugi kita. Di dalam buku ini banyak sekali trik mudah menulis dan kalo saya perhatikan buku ini berbeda dengan buku lain. Karena di dalam buku ini semua trik menulis ada, pas saya baca ada 24 trik yang dibahas di dalam buku ini. Katakan kalau dibuku saya menulis kreatif saja, hanya saya kasih 5 trik menulis.” ujar Syarifudin Yunus.
 
Pada acara tersebut terdapat beberapa rangkaian acara seperti menyanyikan lagu nasional, sambutan, pembacaan puisi dan di akhiri dengan sesi tanya jawab serta memberikan hadiah buku untuk para penanya dengan pertanyaan yang menurut pembicara sangat baik. Acara pun berlangsung sangat lancar, para audiens sangat antusias mengikuti acaranya.
 
“Jadikan menulis sebagai rasa lapar, sehingga menulis sebuah kebutuhan. Itu yang saya tanamkan dalam diri saya sehingga saya dapat produktif menulis. Saya juga ingin menggugah semua orang untuk mencoba dan membiasakan diri menuliskan gagasan, kritik, pendapat ataupun komentar tentang berbagai permasalahan masyarakat dan bangsa ini, dari yang spele hingga yang serius.” tambah Zaenuddin HM.