Mahasiswa Siap Berwirausaha lewat Entrepreneur Days

Jakarta (3/6), Universitas Indraprasta PGRI (UNINDRA) dan PUSTIKARA menggelar acara tahunan yaitu Entrepreneur Days. Acara ini diselenggarakan untuk membina jiwa kewirausahaan untuk mahasiswa, semua mahasiswa yang mengampu mata kuliah Aplikasi Kewirausahaan II diwajibkan untuk membuat sebuah konsep usaha yang terstruktur. Usaha ini dimulai dari pembuatan proposal hingga terjun langsung menjual produk yang ditujukan oleh masing-masing kelompok mahasiswa. Acara digelar dua hari berturut-turut yaitu hari Rabu dan Kamis , di kampus Universitas Indraprasta PGRI kampus B Gedong .

Mengambil tema “Usaha Kreatif di era Digital” Sebanyak 162 stan didirikan  dan  kurang  lebih 300 produk yang disajikan selama dua hari. Produk yang dijual yaitu dari mulai minuman, makan, busana, craft, produk kecantikan, dan bermacam-macam jasa lainnya. Bukan hanya dipamerkan atau dijual produknya tetapi produk dari hasil kreatif mahasiswa ini juga akan dilombakan dan mendapatkan apresiasi dari pihak Universitas.

Entrepreneur Days ini bertujuan untuk memberikan pengalaman kepada mahasiswa dan mengaplikasikan kewirausahaan di era digital. Menurut ketua penyelenggara, “tidak selamanya perguruan tinggi melahirkan pekerja atau pegawai” ujar Dwi Rorin. Perguruan tinggi harus ikut berperan dalam pergerakan ekonomi dalam bidang kewirausahaan. Oleh karena itu, “Universitas Indraprasta  termasuk perguruan tinggi yang mendukung pemerintah untuk menciptakan wirausahawan baru dan bisa mendukung ekonomi kerakyatan” ujar Dwi Rorin dosen Prodi Bahasa Ingris dan juga Ketua Panitia.

“Harapan dari diadakanya acara ini bertujuan agar teori, pengalaman, dan praktik berjalan selaras. dengan adanya keselarasan tersebut, diharapkan mahasiswa Unindra terpacu menjadi wirausahawan” tambahnya.

Acara dibuka oleh bapak Profesor Sumaryoto selaku Rektor Universitas Indraprasta dan dihadiri oleh Dewan Dosen mata kuliah Kewirausahaan. Dilanjut sambutan ketua panitia, presentasi mahasiswa dari setiap produk yang disajikan serta diselingi berbagai apresiasi seni. Mahasiswa pun sangat antusias dalam mengikuti acara Entrepreneur Days terbukti dari padatnya yang hadir pada acara tersebut.

“Setidaknya dari acara ini mereka mempunyai bekal untuk kemudian hari, tidak hanya bekerja tetapi mereka juga dapat berwirausaha. Usaha yang mereka sajikan juga bukan usaha yang mendadak tetapi sudah dipersiapkan dari awal pembelajaran mata kuliah kewirausahaan, sehingga dari segi administrasi mereka sudah siap bagaimana untuk berwirausaha” ujar Ridhowati dosen pengampu Kewirausahaan.