Mahasiswa Unindra Luncurkan Buku Antologi Puisi ASA “manusiA Sama manusiA”

Salah satu keterampilan berbahasa yang harus dimiliki mahasiswa adalah menulis, menulis juga menjadi hal mutlak selama proses perkuliahan mata kuliah menulis kreatif. Menulis karya fiksi seperti puisi, cerpen dan novel menjadi potensi kreatif yang dapat dihasil oleh mahasiswa.
 
Seperti halnya yang dilakukan mahasiswa Universitas Indraprasta PGRI pada hari Senin, 24 Juni 2019 kampus A Rancho. Resmi luncurkan antologi puisi ASA “manusiA Sama manusiA” sebuah karya pertama yang dihasilkan mahasiswa UNINDRA Semester 4 Prodi Bahasa Indonesia dalam mata kuliah menulis kreatif, sebanyak 39 mahasiswa berhasil menuangkan tulisan kreatif dengan bentuk puisi kedalam buku.
 
Ni Wayan Ayu Permatasari M.pd selaku dosen mengapu mata kuliah menulis kreatif menuturkan “Peluncuran antologi ini sebagai bentuk nyata hasil karya mahasiswa dari proses perkuliahan menulis kreatif, yang biasanya mereka menulis sebuah puisi lalu hanya dibiarkan begitu saja. Tapi kali ini mereka jadikan buku agar bisa bermanfaat untuk dirinya sendiri atau orang lain.”
 
“Tidak ada salahnya juga mulai sekarang mereka belajar menuangkan karya tulis kedalam buku, apalagi buku resmi berlabel ISBN ternyata proses menerbitkan sebuah buku tidak sulit. Dari sini juga mereka dapat belajar dari hasil karyanya dan buku yang dihasilkan mereka, siapa tau bisa diperbanyak lalu dijual dan dijadikan objek penelitian skripsi ketika mau lulus” tambah Ni Wayan Ayu Permatasari M.Pd
 
“Wadah mahasiswa karena tidak semua prodi bisa melakukan hal seperti ini dalam bidang menulis. Dan kegiatan ini juga membuat jiwa menulis kami menjadi bangkit.” Ujar Syarah mahasiswa semester 4 prodi Bahasa Indonesia.
 
Acara peluncuran buku antologi puisi ASA dihadiri oleh Kaprodi Bahasa Indonesia Dr. Bambang Sumadyo, dan Sekpro Bahasa Indonesia Yulia Agustin M.Pd serta Dosen Penasehat Akademik Endang Wiyanti S.Hum, M.Pd. Acaranya juga di isi dengan sambutan dosen pengampu, sambutan perwakilan mahasiswa dan berbagai apresiasi seni dan sastra seperti pembacaan puisi, musikalisasi puisi, bernyanyi dan tari jaipongan. Kurang lebih selama kurang 3 jam acara berjalan dengan baik dan lancar.
 
Buku antologi puisi ASA “manusiA Sama manusiA” bertema sosial dengan konsep kontemporer berbeda dengan buku antologi biasanya. Melalui proses panjang dan beberapa kali revisi pada hari ini berhasil diterbitkan.