Pemuda Katar Aksara, Hadirkan RUPA (Ruang Pendidikan Anak)

Karang Taruna aksara RW 017 kampung Pancoran Mas, Kecamatan Pancoran Mas kota Depok konsisten melakukan program kerja “RUPA”. Rupa adalah Ruang Pendidikan Anak yang di wadahi oleh Karang Taruna Aksara dibawah bagian divisi pendidikan. Rupa hadir sebagai kegiatan yang mengedukasi, sosialisasi, membangun karakter diri untuk setiap anak-anak yang berada diwilayah RW 017 dan sekitarnya  .

Selain itu, kegiatan rupa juga bertujuan memberikan fasilitas bagi anak-anak untuk berkarya, mengekspresikan diri dengan berinteraksi walaupun mereka memiliki perbedaan umur, maupun strata sekolah. Ruang Pendidikan Anak ini terbentuk untuk meringankan beban anak-anak yang sering mengeluh karena pelajaran dari sekolahnya. Lalu memberikan solusi untuk mempermudah pekerjaan rumah dengan memberikan bimbingan serta penyelesaian pada setiap masalah yang dimiliki oleh setiap anak.

Kegiatan rupa lakukan setiap hari minggu dan dibagi dua sesi. Sesi pertama berlangsung dari pukul 09:00-11:00 WIB yang di isi oleh anak-anak tingkat TK sampai dengan tingkat SD kelas 4, sedangkan sesi kedua berlangsung pukul 13:00-15:00 WIB yang di isi anak-anak kelas 5 SD sampai dengan tingkat SMP.

 “Di rupa anak-anaknya mudah untuk mengerti, mereka juga haus akan ilmu. Mudah untuk memahami pengetahuan. Walau demikian, mereka tetaplah anak anak yang akan selalu bertanya tentang apa yang tidak mereka ketahui. Saya sebagai pengajar pun sangat antusias melihat mereka yang mau dirangkul tanpa paksaan.”ujar Wafa Nabila selaku dewan pengajar rupa.

“Alhamdulillah antusias anak-anak terhadap adanya kegiatan rupa sangat baik, mereka seperti mendapati ruang belajar yang bebas dan menyenangkan. Dirupa juga anak-anak bukan hanya belajar tapi juga bisa bermain permainan tradisional yang memang dianjurkan oleh dewan pengajar untuk dimainkan, jadi secara tidak langsung anak-anak yang mengikuti rupa dapat mengenal permainan tradisional yang kita ketahui seiring perkembangan zaman akan punah.” Tutur Syahrul Maulana anggota aktif karang taruna.

RUPA telah berdiri sejak Januari 2019 hingga kini telah memiliki lebih dari 30 anak dari berbagai rukun tetangga yang berada diwilayah RW 017 dan memiliki sebanyak 10 dewan pengajar yang aktif dikarang taruna. Patut diapresiasi kepedulian generasi muda karang taruna aksara terhadap dunia pendidikan terutama pada anak-anak usia dini yang memang masih sangat membutuhkan bimbingan belajar dengan menghadirkan rupa.