Peringatan Hari Santri, Momentum Tebarkan Kedamaian

Peringatan hari santri diperingati setiap tanggal 22 Oktober oleh bangsa Indonesia melalui keputusan presiden (Keppres) nomor 22 tahun 2015 tentang Hari Santri Nasional, merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya peran santri, Kyai dan pemuka agama dalam menumbuhkan kesadaran harmoni beragama dan berbangsa di negeri tercinta indonesia.

Wujud nyata kepedulian tersebut terbukti dengan dilaksanakannya Upacara Peringatan Hari Santri yang diadakan oleh Pemerintah Kota Depok dan Kementrian Agama Kota Depok pada hari Selasa, 22 Oktober 2019 di Lapangan Balai Kota Depok. Dengan mengambil tema “santri indonesia untuk perdamaian dunia” adalah terusan dari tema peringatan hari santri di tahun-tahun sebelumnya.

Pada kesempatan upacara itu, Walikota Kota Depok Dr. K.H. Mohammad Idris, Lc., M.A mengucapkan “Selamat Hari Santri Nasional tingkat kota Depok khususnya di tahun 2019 ini dan kita hadir bersama dalam rangka memperingatinya demi suksesnya, demi sejahteranya santri dan pondok-pondok pesantren yang ada di kota Depok khususnya dan umumnya yang ada di Indonesia.”

Sejak pukul 06:00 WIB para santri, lembaga ASN, Penyuluh Agama Islam Non PNS, dan berbagai macam lapisan masyarakat dengan pakaian muslim yang berkombinasi datang secara serempak memenuhi lapangan balai kota Depok.

“saya ingin mengajak pada hari ini, kepada para santri dan pengasuh pimpinan santri mari kita tebur tebar senyum hari ini, tebur tebar senyum terindah, senyum yang terikhlas. Dengan kita gelorakan santri santun dan tegas nan ramah untuk Indonesia. Bahagianya hidup berkeluarga, bersama istri bagaikan bidadari, Indonesia damai idaman seluruh warga, bersama santri damailah negeri.” Tutup sambutan dari Walikota Kota Depok.

Upacara yang berlangsung kurang lebih selama tiga jam berjalan secara tertib dan lancar, upacara pun ditutup dengan penampilan kesenian para santri dari berbagai pondok pesantren di kota Depok.